Rabu, 01 Juni 2016

Efek Buruk Sinar Biru Bagi Kesehatan Mata

Kita tentu sudah sering mendengar tentang sinar biru yang dapat menyebabkan kerusakan mata. Sinar biru merupakan sinar dengan panjang gelombang 400-500 nm (namometer). Sinar biru ini bisa berasal dari sinar matahari yang kuat, layar televisi dan lampu neon, layar komputer dan barang elektronik lainnya. Karena keterbatasan pengetahuan masyarakat terkait dengan sinar biru membuat mereka rentan terhadap gangguan mata. Aktivitas yang selalu berdekatan dengan sumber sinar biru membuat semakin memperburuk kondisi kesehatan mata. Karena akumulasi dari paparan sinar buru yang masuk pada mata dalam jangka panjang dapat mempercepat terjadinya degenerasi makula.  Makula sendiri merupakan bagian retina yang berfungsi sebagai penglihatan tengah. Sedangkan untuk penderita degenerasi makula akan mengalami gangguan penglihatan sentralnya, karena sel makulanya sudah rusak  akibat paparan sinar biru. Terkait dengan masalah mata yang satu ini sampai sekarang belum tahu secara pasti cara penyembuhannya dan jika dibirkan begitu saja akan menyebabkan kebutaan. Tentu saja hal ini tidak ingin terjadi pada diri Anda kan? Nah maka oleh karena itulah sebaiknya mulai dari sekarang melakukan hal – hal yang dapat menghindarkan Anda dari resiko berbahaya dari sinar biru.

Sebenarnya perlindungan dari sinar biru sendiri dapat dilakukan sedini mungkin untuk menghindari akibat buruk dari sinar biru yaitu dengan memenuhi asupan lutein. Letuin adalah carotenoid yang dapat diperoleh dari sayuran dan buah-buahan. Kandungan letein dapat berfungsi untuk melindungi mata terutama pada retina mata dan kerusakan mata lainnya dengan cara menyaring sinar biru. Selain itu lutein ini juga berperan sebagai antioksidan dengan cara menetralisir radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Tapi jika hal ini tidak dilakukan secara cepat maka akan berdampak buruk bagi kesehatan mata. Berikut adalah dampak buruk sinar biru bagi kesehatan mata, diantaranya sebagai berikut!

Inilah Dampak Buruk Sinar Biru Bagi Kesehatan Mata yang Dapat Anda Ketahui

Kerusakan Retina
Seperti yang sudah di jelaskan di atas, akibat buruk dari sinar biru bagi kesehatan mata adalah kerusakan retina. Paparan sinar biru secara langsung dapat menyebabkan kerusakan retina. American Macular Degeneration Foundation memperingatkan bahwa kerusakan retina yang disebabkan sinar biru dapat menyebabkan degenerasi makula. Hal ini menyebabkan hilangnya penglihatan sentral kemampuan untuk melihat apa yang ada di depan Anda.

Menyebabkan Katarak
Selain dapat menyebabkan kerusakan pada retina mata, sinar biru juga dapat menyebabkan katarak. Meskipun dalam hal ini belum di ketahui secara pasti kaitannya sinar biru dengan katarak tidak ada salahnya jika Anda tetap selalu berhati-ati dan wasapada. Karena jika seseorang yang telah mengalami penyakit mata yang satu ini hanya dapat disembuhkan dengan cara melakukan operasi.

Beresiko Penyakit Kanker
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli menyatakan bahwa melatonin yang terdapat dalam tubuh manusia sebagai antioksidan. Sementara dari pada itu jika seseorang sering berdekatan dengan sumber sinar biru akan membuat produksi melatonin menjadi terganggu. Maka dengan begitu melatonin tidak dapat berfungsi secra maksimal. Dari kondisi tersebut seseorang akan dapat beresiko lebih tinggi terkena kanker.

Nah itulah penjelasan mengenai efek buruk sinar biru bagi kesehatan mata yang dapat Anda ketahui. Karena begitu berbahayanya sinar biru bagi kesehatan mata dan tubuh Anda alangkah lebih baiknya jika Anda menghindari sumber-sumber sinar biru.
Baca juga 
http://forumteknologi.com/thread-6-cara-mendeteksi-malware-mudah
http://forumteknologi.com/thread-antivirus-android-terbaik-amankan-smartphonemu
http://forumteknologi.com/thread-5-macam-antivirus-untuk-pc-dan-laptop
http://forumteknologi.com/thread-4-software-burning-cd-gratis
http://forumteknologi.com/thread-3-aplikasi-edit-foto-terbaik-terpopuler-di-windows
http://forumteknologi.com/thread-aplikasi-akuntansi-gratis-untuk-pc
Tips Mengatasi vertigo paling tepat dan cepat
Cara mengeriting rambut tanpa catok paling mudah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar